Saturday 12 April 2014

Asam Urat

Asam Urat
Asam Urat
Tupskutrik kali ini saya akan membahas penyakit Asam Urat, Asam urat adalah hasil dari konsumsi berlebihan zat murni. Purin dan asam urat tubuh diproses, tapi jika kadar asam urat berlebih, sehingga ginjal tidak mampu mengeluarkan kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya, nyeri sendi, bengkak dan meradang. Asam urat adalah penyakit dari zat sisa metabolisme purin dari sisa makanan yang kita makan. Purin sendiri adalah zat yang terkandung dalam makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, dan karena kita makan makhluk hidup, kemudian beralih ke zat purin dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga mengandung purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya serangan gout pada orang tua, karena penumpukan purin ini.
 Faktor Risiko
Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang memiliki tingkat asam urat dalam tubuh adalah:
    Lifestyle. Konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, konsumsi alkohol, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
   Kondisi Medis Kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hiperkolesterolemia, sering dikaitkan dengan kasus gout.
    Obat. Penggunaan obat-obatan seperti diuretik, aspirin harus dipertimbangkan dan berkonsultasi dengan dokter karena dapat meningkatkan kadar asam urat.
      Genetik. Beberapa orang yang memiliki riwayat keluarga gout sejarah juga merupakan salah satu faktor risiko.
      Umur dan Jenis Kelamin. Pria memiliki risiko lebih besar terkena gangguan inflamasi akibat gout, tetapi wanita yang telah memasuki masa menopause juga berisiko lebih besar sebagai manusia.


yang menjadi pantangan Penderita asam urat

    
Jeroan : ginjal , limpa , babat , usus , hati , paru-paru dan otak
    
Seafood : udang , cumi-cumi , sotong , kerang , remis , tiram , kepiting , ikan teri , sarden
    
Ekstrak seperti abon dan dendeng
    
Telah kaleng makanan ( misalnya , kornet , sarden )
    
Mutton , daging sapi , daging kuda
    
Bebek, angsa dan kalkun
    
Kacang-kacangan : kacang kedelai ( termasuk hasil olahannya seperti tempe , tauco , oncom , susu kedelai ) , kacang tanah , kacang hijau , tauge , melinjo , keripik
    
Sayuran : kembang kol , bayam , asparagus , kacang hijau , jamur , daun singkong , daun pepaya , kangkung
    
Keju , telur , krim , es krim , kaldu atau kuah daging yang kental
    
Buah-buahan tertentu seperti durian , nanas dan air kelapa
    
Makanan yang digoreng atau dimasak bersantan atau menggunakan margarin / mentega
    
Makanan yang kaya protein dan lemakTips tambahan untuk penderita asam urat

    
Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang , yogurt , dan pisang .
    
Konsumsi buah yang mengandung vitamin C , seperti jeruk , pepaya dan stroberi .
    
Contoh buah dan sayuran untuk mengobati asam urat : buah naga , belimbing , jahe , labu , sawi , sawi putih , serai dan tomat .
    
Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi , singkong , roti dan kentang .
    
Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti jenis fruktosa gula , permen , gulali , permen kapas dan sirup .
    
Jangan minum aspirin .
    
Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan .
    
Pada orang yang kelebihan berat badan ( obesitas ) , kadar asam urat biasanya cepat naik tapi pengeluaran sedikit , maka Anda harus menurunkan berat badan dengan olahraga .
    
Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh , berdasarkan tinggi dan berat badan .Untuk menyembuhkan penyakit ini ada beberapa hal yang harus dilakukan , termasuk :Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat , seperti jeroan ( hati, ginjal , limpa , babat , usus , paru-paru dan otak ) , menghindari makanan laut ( udang , kerang , cumi , kepiting ) ; makanan kaleng ( kornet , sarden dan ekstrak daging ) , telur , kaldu atau kuah daging yang kental .
    
Menghindari makanan seperti kerupuk , melinjo , kangkung dan bayam , daun singkong , daun jambu mete , asparagus , kacang hijau , dan kembang kol . Hindari kacang-kacangan ( kacang tanah , kacang hijau , kacang kedelai , tempe , tauco , tauge , oncom ) dan susu kedelai .
    
Hindari makan durian , alpukat , nanas , air kelapa .
    
Makanan aman untuk dimakan , beberapa diantaranya adalah : nasi , ayam, telur , keju , susu , dan beberapa buah-buahan .
    
Hindari minuman beralkohol dan makanan .
    
Pada orang gemuk , asam urat biasanya meningkat sementara belanja sedikit , maka untuk keamanan , orang biasanya disarankan untuk menurunkan berat badan .
    
Minum banyak air , karena dengan banyak minum air , kita dapat membantu membuang purin dalam tubuh.

 . 

No comments:

Post a Comment